Kurikulum


STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM


A.   Struktur Kurikulum (Komponen)
Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum. Kompetensi yang dimaksud terdiri atas Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL).
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional  Pendidikan pasal 6 ayat (1) menyatakan bahwa struktur kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas 3 (tiga) kompenen, yakni kompenen mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri.

1.      Kompenen mata pelajaran
Komponen mata pelajaran pada SMP Negeri 1 Sekar dikelompokkan sebagai berikut  :
a.    Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia;
      b.   Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian;
c.    Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi;
d.    Kelompok mata pelajaran estetika;
e.    Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan.

TABEL 1. CAKUPAN KELOMPOK MATA PELAJARAN

NO
KELOMPOK MAPEL
CAKUPAN
1.
Agama dan Akhlak Mulia
Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
2.
Kewarganegaraan dan Kepribadian
Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.

Kesandaran dan wawasan termasuk wawasana kebangsaan, jiwa dan patriotism bela Negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab social, ketaatan pada hokum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, dan nepotisme.
3.
Ilmu Pengetahuan dan Tehnologi
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan tehnologi pada kurikulum sekolah dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi dasar ilmu pengetahuan dan tehnologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri.
4.
Estetika
Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengeskpresikan dan kemampuan mengapresiasikan keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasikan dan mengeskpresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu meningkatkan dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.
5.
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada kurikulum ini dimaksudkan membudayakan sportivitas dan kesadaran hidup sehat.

Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah.

2. Struktur Kurikulum
Struktur kurikulum SMP Negeri 1 meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai kelas VII sampai kelas IX. Struktur kurikulum disusun berdasarkan standar kompetensi kelulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagia berikut :
1.    Kurikulum SMP Negeri 1 Sekar memuat 10 mata pelajaran, 2 mata pelajaran muatan local, dan pengembangan diri seperti tertera pada table berikut :
2.    Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan local ditentukan oleh steakholder pendidikan di SMP Negeri 1 Sekar.
3.    Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengeskpresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakulikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan social, belajar dan pengembangan karir peserta didik.
4.    Substansi mata pelajaran Pengetahuan Alam dan Pengetahuan Sosial pada SMP Negeri 1 Sekar merupakan “IPA Terpadu” dan “IPS Terpadu”.
5.    Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum.
6.    Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 40 menit
7.    Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester)adalah 34-38.



Tabel 2. STRUKTUR KURIKULUM SMP NEGERI 1 SEKAR
KOMPONEN PELAJARAN
KELAS / SEMESTER DAN ALOKASI WAKTU
KELAS VII
KELAS VIII
KELAS IX
1
2
1
2
1
2
A.    Mata Pelajaran






1.    Pendidikan Agama
2
2
2
2
2
2
2.    Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
2
2
3.    Bahasa dan Sastra Indonesia
4
4
4
4
4
4
4.    Bahasa Inggris
4
4
4
4
4
4
5.    Matematika
5
5
5
5
5
5
6.    Pengetahuan Alam
4
4
4
4
4
4
7.    Pengetahuan Sosial
4
4
4
4
4
4
8.    Seni Budaya
2
2
2
2
2
2
9.    Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
2
2
2
2
2
2
10.  Ketrampilan/ Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
2
2
2
B.    Muatan Lokal :






1.    Bahasa Jawa
2
2
2
2
2
2
2.    Life Skill
2
2
2
2
2
2
C.   BK
-
-
-
-
-
-
D.   Pengembangan Diri
1.    Rutin/ Terstruktur
a.    Kunjungan Perpustakaan
b.    Bimbingan Konseling
c.    Upacara Bendera
d.    Sholat Dhuhur
e.    Conversation
f.     Bimbingan OSN
g.    Bimbingan Siswa Berprestasi
h.    Bimbingan Intensif Mata Pelajaran UNAS
2.    Pilihan
a.    Baca Tulis Al Qur’an
b.    Pramuka
c.    Bola Voley
d.    Futsal
e.    Hadrah
f.     Karya Ilmiah Remaja






Jumlah
35
35
35
35
35
35


3.      Pengembangan Diri
Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengeskpresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakulikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan social, belajar dan pengembangan karir peserta didik. Pengembangan diri terutama ditujukan untuk peningkatan kecakapan hidup dan kemandirian sesuai dengan kebutuhan khusus peserta didik.
Pengembangan diri dalam rangka menguatkan program pengembangan diri sesuai dengan kondisi objektif di SMP Negeri 1 Sekar.


B.   Muatan Kurikulum
Proses belajar mengajar dilaksanakan setiap hari efektif sesuai dengan kalender pendidikan pada pagi hari sampai siang hari dari pukul 07.00 sesuai jadwal dengan ketentuan alokasi tiap jam pelajaran 40 menit.
Proses Belajar Mengajar diarahkan pada kegiatan yang menyenangkan (enjoy learning) sehingga dapat membuat peserta didik menjadi lebih nyaman dalam kegiatan tersebut, serta dapat menumbuhkan motivasi yang lebih tinggi. Pada kegiatan proses belajar mengajar, guru bukan merupakan satu-satunya sumber belajar tetapi fungsi guru sebagai fasilitator dan motifator. Diharapkan hal ini dapat menciptakan suasana belajar aktif, dan efektif di dalam kelas. Dan diharapkan terwujudnya konsepsi belajr tuntas, apabila hal ini belum terwujud maka diadakan perbaikan (remedial).

a.    Mata Pelajaran
Mata pelajaran beserta alokasi waktu berpedoman pada stuktur kurikulum.
1.    Pendidikan Agama
Meliputi : Agama Islam, Kristen, Katholik, Hindu, dan Budha dengan mempertimbangkan kondisi social budaya masyarakat di lingkungan sekitar sekolah.
Tujuan :
-          Memberikan wawasan terhadap keberagamaan agama di Indonesia
-          Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa sesuai keyakinan agamanya masing-masing
2.    Pendidikan Kewarganegaraan
Tujuan :
-          Memberikan pemahaman kepada siswa tentang kesadaran hidup berbangsa dan bernegara dan pentingnya penanaman rasa persatuan dan kesatuan.
3.    Bahasa Indonesia
Tujuan :
-          Membina ketrampilan berbahasa secara lisan dan tertulis serta dapat menggunakan bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi dan sarana pemahaman terhadap IPTEK.
4.    Bahasa Indonesia
Tujuan :
-          Membina ketrampilan berbahasa dan berkomunikasi secara lisan dan tertulis untuk menghadapi perkembangan IPTEK dalam menyongsong era globalisasi.
5.    Matematika
Tujuan :
-          Memberikan pehaman logika dan kemampuan dasar matematika dalam rangka penguasaan IPTEK.
6.    Ilmu Pengetahuan Alam
Meliputi Fisika, Biologi, dan Kimia.
Tujuan :
-          Memberikan pengetahuan ketrampilan kepada siswa untuk menguasai dasar-dasar sains rangka penguasaan IPTEK.
7.    Ilmu Pengetahuan Sosial
Meliputi : Sarjana, Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi.
Tujuan :
-          Memberikan pengetahuan sosio kultur masyarakat yang majemuk, mengembangkan kesadaran hidup masyarakat serta memiliki ketrampilan hidup secara mandiri.
8.    Seni Budaya
Meliputi : seni rupa, seni music, seni tari, dan seni teater
Tujuan :
-          Mengembangkan apresiasi seni, daya kreasi, dan kecintaan pada seni budaya nasional.
9.    Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Tujuan :
-          Menanamkan kebiasaan hidup sehat, meningkatkan kebugaran dan ketrampilan dalam bidang olahraga, menanamkan rasa sportifitas , tanggungjawab disiplin, dan percaya diri pada siswa.
10.  Ketrampilan/ Teknologi Informasi dan Komunikasi
Meliputi : Kerajinan, Pemanfaatan teknologi sederhana, kewirausahaan ; atau Teknologi Informasi dan Komunikasi
Tujuan :
-          Memberikan bekal ketrampilan di bidang kerajinan, pemanfaatan teknologi sederhana, dan kewirausahaan atau memberikan ketrampilan di bidang teknologi informatika yang sesuai dengan bakat dan minat siswa.

b.    Muatan Lokal
1.    Bahasa Jawa
Tujuan ;
Membina ketrampilan berbahasa Jawa baik lisan maupun tertulis dalam upaya mempertahankan nilai-nilai budaya jawa masyarakat setempat dalam wujud konukasi dan apresiasi sastra jawa.


2.    Life Skill
Meliputi      : Ketrampilan tata busana , Kriya dan Batik.
Tujuan       : Memberikan pengetahuan dan meningkatkan ketrampilan siswa sesuai bakat dan minat, perbedaan gender, kondisi potensi lingkungan dan budaya sekitar sehingga mampu menghasilkan karya yang memiliki nilai jual (wirausaha).

c.    Muatan Pengembangan Diri
Pengembangan diri dimaksudkan sebagai kegiatan pemberian pelayanana bantuan kepada peserta didik (individual maupun kelompok) agar potensi peserta didik dapat berkembang secara optimal dalam hubungan pribadi, social, belajar, dan karier. Tujuan utama kegiatan ini adalah membantu memandirikan peserta didik dengan cara menumbuhkan potensi, bakat, minat, dan keunikan diri siswa.
Kegiatan pengembangan diri yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sekar diwujudkan dalam empat bentuk kegiatan, yakni kegiatan rutin/ terstruktur, pilihan, dan konseling/ BK. Kegiatan yang ditetapkan oleh sekolah dipertimbangkan dari visi tujuan sekolah dan sudut minat siswa. Penjelasan masing-masing sebagai berikut :
a.    Kegiatan Rutin
1.    Kunjungan Perpustakaan
Tujuan :
-          Menumbuhkan minat dan kebiasaan membaca pada siswa
-          Meningkatkan penguasaan informasi tentang ilmu pengetahuan keagamaan, dan fiksi pada siswa
2.    Bimbingan Konseling
Melayani :
-          Masalah kesulitan belajar siswa
-          Pengembangan karir siswa
-          Pemilihan jenjang pendidikan yang lebih tinggi
-          Maslaah dalam kehidupan siswa
3.    Upacara Bendera
Tujuan :
-          Meningkatkan kedisiplinan dan rasa cinta tanah air pada diri siswa
4.    Sholat Dhuhur
Tujuan :
-     Meningkatkan kebiasaan siswa dalam mengaplikasikan dan menerapkan nilai-nilai ajaran agama islam yang diyakini menuju pembentukan manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa secara utuh.
5.    Conversation/ English Corner
Tujuan ;
-          Meningkatkan ketrampilan conversation siswa
-          Meningkatkan prestasi non akademik, siswa dalam bidang conversation
-          Menyiapkan siswa menghadapi era globalisasi
6.    Bimbingan Intensif UNAS
-          Untuk menyiapkan siswa menghadapi UNAS
-          Untuk meningkatkan nilai UNAS siswa
-          Untuk meningkatkan daya saing siswa dalam PSB pendidikan yang lebih tinggi
7.    Bimbingan OSN
Tujuan ;
-          Untuk menyiapkan siswa menghadapi OSN
-          Untuk meningkatkan prestasi siswa dalam bidang Science
-          Untuk meningkatkan daya saing siswa dalam bidang science

b.    Pilihan
1.    Baca Tulis Al-Qur’an
-          Meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca dan menulis Al Qur’an.
-          Meningkatkan pemahaman siswa terhadap isi kandungan Al Qur’an.
2.    Pramuka
-          Member wahana kepada siswa untuk berlatih berorganisasi
-          Melatih siswa agar trampil dan mandiri
-          Melatih siswa untuk mempertahankan hidup
-          Menanamkan rasa bangga dan cinta tanah airnya
3.    Bola Voli
-          Mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang bola voli sebagai olahraga prestasi
-          Meningkatkan kesehatan fisik dan mental siswa
-          Menumbuhkan sportifitas
4.    Futsal
-          Mengembangkan bakat, minat, dan prestasi siswa dalam bidang futsal
-          Meningkatkan kualitas kesehatan fisik dan mental siswa
5.    Hadrah
-      Mengembangkan minat, bakat, dan prestasi siswa dalam bidang olah vocal/ menyanyi dan bermain musik hadrah
-          Meningkatkan daya kreasi, apresiasi dan kepekaan bidang seni suara
6.    Karya Ilmiah Remaja
-    Melatih dan meningkatkan kreativitas dan ketrampilan menulis dalam hal-hal ilmiah
                        -    Meningkatkan daya kreasi, apresiasi menulis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar