Profil


PROFIL SEKOLAH

1.  Nama Sekolah                           :  SMP NEGERI 1 SEKAR
      Alamat Sekolah                         :  Desa MIYONO Kec. SEKAR Kab. BOJONEGORO
      Telepon/HP/Fax                        :  08283478902
2.   Nama Yayasan (bagi swasta)     :  -
      Alamat Yayasan & No. Telp.      :  -
3.   Nama Kepala Sekolah               :  Mokhamad Riono, S.Pd
      No. Telp/HP                              :  081335710419
4.   Katagori Sekolah                       :  Sekolah Potensial
5.   Tahun didirikan/Th. Operasi        : 1996/1996
6.   Kepemilikan Tanah Negeri          :  Pemerintah
      a. Status Tanah                         :  Hak Pakai
      b. Luas Tanah                           :  7.930 m2
7.   Data Siswa 4 (empat tahun terakhir):

Th. Pelajaran
Jml Pendaftar
(Cln Siswa Baru)
Kelas VII
Kelas VIII
Kelas IX
Jumlah
 (Kls. VII + VIII + IX)
Jml Siswa
Jumlah Rombel
Jml Siswa
Jumlah Rombel
Jml Siswa
Jumlah Rombel
Siswa
Rombel
2009/2010
204
200
5
120
3
183
5
503
13
2010/2011
209
190
6
198
5
119
3
507
14
2011/2012
221
160
5
191
6
189
5
540
16
2012/2013
198
192
6
159
5
184
5
535
16

8. a) Data Ruang Kelas


Jumlah Ruang Kelas Asli (d)
Jml. ruang lainnya
yg digunakan untuk r. Kelas
(e)
Jumlah ruang yg digunakan u. R. Kelas
(f)=(d+e)
Ukuran
7x9 m2  (a)
Ukuran
> 63m2 (b)
Ukuran
< 63 m2 (c)
Jumlah (d) =(a+b+c)
R. Kelas
15
-
-
15
Jumlah : 1 ruang
Yaitu : Ruang Ketrampilan
16
     Kekurangan ruang kelas
1 (satu ) ruang


b) Data Ruang Lainnya
Jenis Ruangan
Jumlah (buah)
Ukuran (pxl)
Jenis Ruangan
Jumlah (buah)
Ukuran (pxl)
1. Perpustakaan
1
9X10
4. Lab. Bahasa
-
-
2. Lab. IPA
1
12X10
5. Lab. Komputer
-
-
3. Ketrampilan
1
16X10
6. Kesenian
-
-

9.   Data Tenaga Pendidik dan Tata Usaha
     
Staf Tata Usaha
Jumlah
Keterangan
Tenaga Pendidik/Guru
24 Orang

Pustakawan
-

Laboran (IPA/Bhs/Komp)
-

Staf Tata Usaha
7 Orang


Kondisi nyata SMP Negeri 1 Sekar tahun pelajaran 2011/2012.
a.    Kondisi obyektif SMP Negeri 1 Sekar dapat diamati pada table analisa SWOT di bawah ini :

Fungsi dan Faktornya
Kriteria kesiapan
Kondisi Nyata
Tingkat Kesiapan
A.    Fungsi PBM
1.     Faktor Internal
a.     Potensi siswa
b.    Motivasi siswa
c.     Perilaku siswa

2.     Faktor Internal
a.     Kesiapan siswa menerima pelajaran
b.    Dukungan orang tua siswa dalam meningkatkan motivasi belajar
c.     Lingkungan social sekolah


Tinggi
Tinggi
Disiplin dan tertib dalam kelas

Siswa siap

Tinggi



Kondusif


Tinggi
Tinggi
Tinggi


Siap

Tinggi



Kondusif


Siap
Siap
Siap


Siap

Siap



Siap
B.    Fungsi Ketenagaan
1.     Faktor Internal
a.     Jumlah guru
b.    Kesehatan bidang studi dengan mata pelajaran
2.     Faktor Eksternal
a.     Pengalaman menjadi guru
b.    Kesiapan mengajar
c.     Guu inti

Cukup

Sesuai



Pengalaman Tinggi


Cuku

Sesuai



Pengalama Tinggi


Siap

Siap



Siap
C.    Fungsi Sarana dan Prasarana
1.     Faktor Internal
a.     Jumlah buku penunjang
b.    Ruang Pembelajaran
c.     Alat-alat dan bahan Laboratorium IPA
d.    Alat-alat pengadaan naskah
2.     Faktor Eksternal
a.     Dukungan orang tua
b.    Kerjasama dengan lembaga bimbingan belajar



Cukup

Mendukung

Cukup

Cukup



Mendukung


Ada



Cukup

Cukup

Cukup

Cukup



Tinggi


Ada



Siap

Siap

Siap

Siap



Siap


Siap
D.    Fungsi Keuangan
1.     Faktor Internal
a.     Transport pembuat naskah
b.    Transport pembimbing bimbingan Ebtanas
c.     Bahan pembuat naskah
2.     Faktor Eksternal
a.     Dukungan Orang Tua


Tinggi

Tinggi

Cukup


Tinggi


Tinggi

Tinggi

Cukup


Tinggi


Siap

Siap

Siap


Siap

b.    Kondisi Nyata Sekolah (Perbandingan nyata sekolah dengan SPM) :
No.
Indikator
Tolok Ukur Nas.
SMP N 1 Sekar
1.
Angka mengulang kelas
2 %
0 %
2.
Tingkat penyelesaian sekolah
90 %
99 %
3.
Tingkat Kelulusan
100 %
100 %
4.
Penilaian eksternal melalui uji mutu/ sampel
90 %
95 %
5.
Rasio guru bidang studi perrombel
90 %
100 %
6.
Ketersediaan guru dan Kepala Sekolah
90 %
100 %
7.
Guru yang layak mengajar
90 %
100 %
8.
Siswa memiliki buku pelajaran lengkap
90 %
100 %
9.
Tanggung jawab guru mengajar dan kegiatan lain 36 jam pelajaran
90 %
100 %
10.
Ketersediaan tenaga non kependidikan / non guru
80 %
100 %
11.
Prasarana sekolah
90 %
100 %

Tidak ada komentar:

Posting Komentar